Senin, 28 Mei 2012

RL #BLOWER SHOWFOU tipe ROOTS

RL adalah Blower ShowFou tipe ROOTS atau dikenal sebagai Rotary Roots Blower.  Blower tipe ini digerakkan oleh Elektromotor yang dapat dipasangkan secara Direct atau Indirect Coupling. Tersedia dalam berbagai size(bore) yaitu dari 1,5 inch hingga 12 inch stok. 

Pada sistim TIUP (DISCHARGE) banyak dipergunakan untuk sistem Aerasi di STP Building;R.Sakit; Apartement; Hotel ataupun WWTP di berbagai Industrial.  Juga untuk Suplai Oksigen(Oksigenasi) pada Pembenihan Biota Air; Tambak Udang/Ikan. Juga untuk Water Park atau Kesehatan yaitu Therapi Spa.  Juga untuk Pengaduk (Stirring) di Plating; Metal Furnishing hingga penggunaan di Sistim Pneumatic Conveying.

Roots Blower SANGAT PENTING di kalangan dunia PERIKANAN khususnya  USAHA TAMBAK UDANG, sebab peranannya sebagai penyedia udara/oksigen bagi udang. Periode sekarang ini penggunaan Roots Blower sudah banyak dilakukan bahkan mengantikan  Kincir Air di tambak-tambak udang. Sebetulnya Blower  memang lebih BANYAK MENYEDIAKAN UDARA/OKSIGEN dibandingkan dengan KINCIR AIR.

Gambar di samping adalah Penggunaan ROOTS BLOWER di Tambak Udang.  Sumber Power-nya dari ENGINE DIESEL / SOLAR.  Keterbatasan Power Listrik dari PLN atau lokasi yang jauh, menyebabkan Petambak menggunakan ENGINE DIESEL.
(Sumber Gambar. TROBOS 01 Maret 2012))

Untuk sistim SEDOT (SUCTION) banyak dipergunakan untuk di Industri KERTAS untuk sisitim Paper Conveying; Transport Partikel pada sisitim Bags di Pelabuhan atau Grain Industry.